Ahok Ogak Minta Maaf Sama Risma.

www.indomonopoly.com
 Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak terima keberhasilan Surabaya membangun trotoar disebut keberhasilan kecil oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Risma menyatakan pernyataan Ahok tersebut dapat membuat sakit hati warga Surabaya.

Mendengar reaksi Risma dengan pernyataannya itu justru tak membuat Ahok merasa bersalah. Mantan Bupati Belitung Timur ini menegaskan tak akan meminta maaf ke kader PDIP itu. Ahok merasa tak ada yang salah dengan perkataannya, soal perbandingan Jakarta dan Surabaya.

Ahok menilai pernyataan yang dilontarkan itu sebagai dialog biasa yang bisa saja diungkap seorang kepala daerah yang ingin menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

"Aku enggak bersalah kok, aku langsung minta Sakti (Staf Ahok) diupload (video wawancara) biar yang protes lihat. Dia kan nanya, 'Pak orang bandingin Risma trotoar taman lebih baik' langsung saya ngomong nah ini contoh dialog," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (13/8).

Ahok berdalih, justru dirinya sangat menginginkan banyak kepala daerah bisa bertarung di Jakarta. Sehingga masing-masing pasangan calon bisa memaparkan program kerja yang pernah dilakukan.

"Saya kasih contoh, kalau Risma maju di DKI salah satu topik adalah trotoar dan taman. Tentu saya harus menjawab kan saya petahana," tutupnya.

Ahok menilai Risma terlalu berlebihan jika menggelar konferensi pers karena ucapannya terkait Surabaya dan Jakarta Selatan.

"Bu Risma jadi baper (bawa perasaan), marah, gelar konferensi pers, seolah-olah aku diadu domba sama beliau," katanya.

Menurut Ahok, pernyataan mengenai perbandingan Surabaya dan Jakarta Selatan itu maksudnya memiliki kesetaraan administrasi, sama-sama pemerintahan kota. Alhasil, kurang tepat bilamana membandingkan Jakarta dengan Surabaya.

"Misalnya Adipura. Ada enggak bandingin kota Surabaya sama Jakarta? Enggak. Adipura itu bandinginnya apa? Surabaya dengan Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan, wali kota sama gubernur juga beda. Jadi itu yang saya maksud, Surabaya itu setaranya itu kayak Jakarta Selatan, kan sama-sama kota," jelasnya.

Sementara itu, Risma menilai, pernyataan Ahok sama saja menghina dan merendahkan harga diri warga Surabaya. Risma memperlihatkan data. Luas Surabaya mencapai 374 kilometer persegi, sedangkan Jakarta 661,5 kilometer persegi. Kalau dibagi enam wilayah, luas Jakarta Selatan hanya sekitar 120 kilometer persegi. Dengan berpegang data ini, Risma secara tegas menolak jika Surabaya disebut sama luasnya dengan Jakarta Selatan.

"Jadi Surabaya itu setengah lebih dibandingkan Jakarta," ujarnya.

Risma balik menyerang Ahok. Dia geram karena Ahok menyinggung Surabaya kaitannya dengan dukungan warga pada Risma.

"Jadi ini bukan masalah pencalonan gubernur atau tidak. Tapi kalau begini saya jadi harus ngomong. Kenapa Surabaya diserang terus, kalau begini kan Surabaya dihina. Kalau warga Surabaya marah bisa bahaya makanya saya memutuskan untuk komentar lebih dulu," kata Risma.

Risma mengingatkan Ahok, jangan menyeret Surabaya dalam panasnya politik jelang pilgub DKI Jakarta. Dia menyindir Ahok yang seolah ketakutan bakal mendapat lawan kuat. Padahal Ahok punya modal sebagai calon petahana.

"Aku salah apa? Warga Surabaya salah apa? tidak usah takutlah Pak Ahok, wong beliaunya itu incumbent (petahana)," kata Risma.
Ahok Ogak Minta Maaf Sama Risma. Ahok Ogak Minta Maaf Sama Risma. Reviewed by Unknown on 12:12 AM Rating: 5

No comments